Home » » Kuliner Kepiting Balikpapan

Kuliner Kepiting Balikpapan

Kuliner Balikpapan - Rasanya kurang puas jika ke balikpapan tanpa menyantap kepiting. Salah satu wisata kuliner kepiting balikpapan yang terkenal adalah Rumah Makan Kepiting Kenari. Rumah makan ini selalu ramai dikunjungi pembeli, hingga pejabat tinggi negara bahkan beberapa artis pun tak segan datang menikmati kepiting bersama rombongannya, tidak heran rumah makan ini selalu ramai di kunjungi para pencinta seafood.

Menu utama di  Rumah Makan Kepiting Kenari adalah Kepiting Saus Lada Hitam, Kepiting Saus Tiram, Kepiting Tanco, Kepiting Goreng,  Kepiting Rebus dan tersedia juga menu Ikan. Harga 1 porsi untuk Kepiting Jantan berkisar Rp 105.000 dan satu porsi untuk Kepiting Betina berkisar Rp 125.000, satu porsi bisa untuk 3 orang.

Kepiting berukuran besar yang memang menjadi andalan rumah makan itu, dibelah menjadi beberapa bagian dan dimasak dalam genangan kuah asam manis yang kental. Potongan kepiting pun, setiap cangkangnya dipenuhi bintik-bintik lada hitam yang ditumbuk kasar. Dengan kuah minimalis yang encer, menu kepiting lada hitam itu hanya diolah dengan irisan bawang Bombay.

Tempat wisata kuliner kepiting balikpapan lainnya adalah Rumah Makan Kepiting Dandito, Lokasi Rumah makan ini tidak jauh dari Rumah Makan Kepiting Kenari. Selain menyediakan saus tiram dan lada hitam untuk mengadon kepitingnya, juga mengunggulkan saus spesial Dandito yang rasanya sangat lezat. Bila Anda menyukai saus tiram tapi bosan dengan rasa dominan tiram yang kadang bikin eneg, maka saus Dandito ini memberikan alternatif pilihan.

Di Rumah Makan Dandito, saus lada hitam ini disajikan kental dengan rasa dominan manis gurih dengan tingkat kepedasan lada hitam yang pas, yang menggenangi setiap potongan kepiting. Menyantap kepitingnya, Anda tak akan berhenti menyendok saus lada hitamnya yang kental, dan membubuhkannya pada daging kepiting. Apalagi bila Anda memesan kepiting betina, telur kepiting yang gurih padat berwarna oranye, bercampur dengan saus kental lada hitam itu, pasti membuat Anda lupa kandungan kolesterol kepiting yang tinggi!  

Menurut pemilik Rumah Makan Dandito, Rudi Setiawan, kadar kolesterol akan berkurang apabila seusai menyantap kepiting, kita minum air kelapa muda yang berfungsi sebagai penetralisir. 

Anda juga bisa membawa pulang kepiting dari dua Rumah Makan ini sebagai oleh - oleh khas balikpapan. Untuk menghilangkan bau, kepiting yang dijadikan oleh - oleh tersebut dibungkus dengan plastik bening dan ditutup rapat- rapat menggunakan kardus kecil. Dua rumah makan ini menjadi salah satu ciri khas kuliner balikpapan dengan menu sajian utamanya yaitu kepiting.

Terima Kasih,
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kuliner Balikpapan

1 comments:

  1. Betul betul betul...restoran dandito dan kenari adalah 2 restoran yang sudah sangat terkenal di balikpapan tentang aneka masakan kepitingnya. mak nyusssss....

    Hoe Travel Admin

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Kuliner Balikpapan
Copyright © 2011. Wisata Kuliner Balikpapan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger